Minggu, 27 Februari 2011

Penebangan Liar


Hutan merupakan salah satu sumber daya yang sangat penting bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hhidup di muka bumi ini. Di dalam hutan terdapat banyak tumbuh-tumbuhan lebat seperti pohon, semak-semak, rumput, jamur, dan tumbuhan lainnya. Jika anda pernah mendengar paru-paru kota terdiri dari tumbuh-tumbuhan, maka hutan dapat dikatakan sebagai paru-paru dunia, dan Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki populasi hutan yang cukup banyak, sehingga hutan sangat penting bagi Indonesia dan juga bagi dunia. Di dalam hutan, banyak sumber daya yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Sehingga, jika terjadi penebangan hutan secara liar, maka akan memberikan dampak yang negative bagi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia dan dunia.

Selain sangat penting bagi manusia, hutan juga merupakan jantung dari berbagai macam flora dan fauna yang berada di dalamnya. Karena, saatini masih banyak berbagai binatang yang dilindungi di dalam hutan, dan juga berbagai tanaman dan tumbuh-tumbuhan yang dilindungi. Berikut ini adalah manfaat yang penting dari hutan :

1.      Manfaat Ekonomi

Hutan dapat menghasilkan banyak bahan yang bias diolah ke dalam bentuk barang jadi yang dapat dijual dengan harga tinggi. Selain itu, hutann juga membuka lapangan pekerjaan bagi penebang hutan yang legal dan memberikan sumbangan devisa yang besar bagi Negara.

2.      Manfaat Klimatologis
 
Hutan merupakan salah satu hal penting yang mengatur iklim, sehingga perubahan iklim yang seketika dapat dipengaruhi oleh karena hutan. Dan hutan juga merupakan paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup di selruh dunia.

3.      Manfaat Hidrolis

Hutan merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi dunia, karena hutan mampu menampung air di dalam tanah, sehingga dapat mencegah banjir. Dengan adanya hutan ang terjaga, hutan juga memiliki manfaat untuk mencegah intrusi air laut yang asin dan mengatur tata air tanah.

4.      Manfaat Ekologis

Jika hutan terpelihara dengan baik, maka hutan akan membantu untuk mencegah banjir dan erosi, serta menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah. Dan hutan juga merupakan salah satu sarana untuk melestarikan keanekaragaman hayati di muka bumi ini.

Saat ini banyak sekali dilakukan penebangan liar yang memberikan dampak yang buruk bagi Negara kita, bahkan bagi dunia. Salah satunya adalah Global Warming ang terjadi karena kurangnya tanaman hijau di bumi ini seirinng dengan perkembangan zaman. Dan setiap tahunnya, selalu ada penebangan liar yang mengakibatkan rusaknya ekosistem di hutan. Salah sau akibat dari penebangan hutan secara liar adalah mengeringnya 2.100 mata air. Dapat dikatakan bahwa mata air juga meruakan salah satu hal utama yang membantu kelangsungan hidup makhluk di muka bumi ini. Dan dapat dibayangkan  jika seluruh mata air mongering dan tumbuhan hijau di bumi ini semakin menipis.

Tentu saja akan memberikan dampak  yang sangat buruk bagi bumi ini. Cuaca dapat berubah secara mendadak, dan kemungkinan besar dapat tejadi banjir dan erosi dimana-mana. Maka dari itu, sadarilah dari saa ini bahwa hutan itu adalah pariu-paru dunia, dan mulailah menghimbau orang di sekitar kita unruk membentu mencegah penebangan secara liar. Sehingga hutan yang merupakan paru-paru dunia akan tetap terjaga dan kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di bumi ini akan semakin terjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar